JUDUL

WELCOME TO DIAN ANITA'S BLOG

Jumat, 04 Mei 2012

Sistem Ekonomi Kerakyatan


MAKALAH
PENDIDIKAN PANCASILA
“Sistem Ekonomi Kerakyatan”
Dosen Pengampu: Suranto AW, M. Si







Anggota kelompok:
1.      Ari Nurandhika                    (10402241002)
2.      Dian Anita                             (10402241011)
3.      Ening Widihastuti                 (10402241014)
4.      Diyan Suryatama                  (10402241029)
5.      Fitriyani                                 (10402241030)
6.      Andi Permana                       (10402241037)

PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2011



KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat, taufiq, dan hidayahNya kepada kita sehingga kami dapat menyelesaikan tugas mata kuliah “Pendidikan Pancasila” ini dengan baik dan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
Makalah ini kami buat berdasarkan dari beberapa sumber buku mengenai Sistem Ekonomi Kerakyatan dan juga dari media internet. Dengan dibuatnya makalah mengenai Sistem Ekonomi Kerakyatan ini akan menambah informasi mengenai permasalahan yang sering terjadi yang berkaitan dengan Sistem ekonomi yang ada di Indonesia.
Tidak lupa kami juga mengucapkan terima kasih kepada:
1.      Bapak Sudaryanto, M. Si, selaku ketua Prodi Pend. Administrasi Perkantoran
2.       Bapak Suranto AW, M. Pd, M. Si, selaku Dosen Mata Kuliah Pendidikan Pancasila  yang telah memberi pengarahan dan bimbingan.
3.      serta pihak-pihak  terkait yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu.
Kami juga minta saran maupun kritik dari pembaca mengenai penyusunan makalah ini agar makalah ini dapat lebih sempurna. Apabila dalam penyusunan makalah ini ada kesalahan baik disengaja maupun tidak kami minta maaf. Karena “Tak Ada Gading Yang Tak Retak”.
                                                                                                     Yogyakarta, 27 April 2011 
                                                                                                      Penyusun          


                                              
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ..................................................................................... .i
KATA PENGANTAR ................................................................................. ii
DAFTAR ISI ................................................................................................ iii
BAB  I  PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang  ............................................................................  1
B.     Rumusan Masalah ........................................................................  2
C.     Tujuan ...........................................................................................  2
BAB II  PEMBASAHAN
A. Sejarah Lahirnya Sistem Ekonomi Kerakyatan ................................  3
B. Definisi Sistem Ekonomi Kerakyatan................................................ 4
C. Ciri-Ciri dan Tujuan Sistem Ekonomi Kerakyatan............................. 6
D. Peran Negara Dalam Sistem Ekonomi Kerakyatan............................ 8
E. Kelebihan dan Kelemahan Sistem Ekonomi Kerakyatan .................. 9
BAB III  PENUTUP
A.Kesimpulan ....................................................................................... 11
B.Saran ................................................................................... ............12
DAFTAR PUSTAKA ................................................................................... 13

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Dalam perkembangan globalisasi seperti kita saksikan saat ini ternyata tidak makin mudah menyajikan  pemahaman tentang adanya sistem ekonomi Indonesia. Kaum akademisi Indonesia terkesan makin mengagumi globalisasi yang membawa perangai “kemenangan” sistem kapitalisme Barat. Sikap kaum akademisi semacam ini ternyata membawa pengaruh besar terhadap sikap kaum elite politik muda Indonesia, yang mudah menjadi ambivalen terhadap sistem ekonomi Indonesia dan ideologi kerakyatan yang melandasinya.
Pemahaman akan sistem ekonomi Indonesia bahkan mengalami suatu pendangkalan tatkala sistem komunisme Uni Soviet dan Eropa Timur dinyatakan runtuh. Kemudian  dari situ ditarik kesimpulan kelewat sederhana bahwa sistem kapitalisme telah memenangkan secara total persaingannya dengan sistem komunisme. Dengan demikian, dari persepsi  simplisistik semacam ini,  Indonesia pun  dianggap perlu  berkiblat kepada kapitalisme Barat dengan sistem pasar-bebasnya dan meninggalkan saja sistem ekonomi Indonesia yang “sosialistik” itu.  
Kesimpulan yang misleading tentang menangnya sistem kapitalisme dalam percaturan dunia ini ternyata secara populer telah pula “mengglobal”.  Sementara  pemikir strukturalis masih memberikan  peluang terhadap pemikiran obyektif yang lebih mendalam, dengan membedakan antara runtuhnya negara-negara komunis itu secara politis dengan lemahnya (atau kelirunya) sistem sosialisme dalam praktiknya.





B.     Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang akan dibahas dalam makalah ini antara lain adalah sebagai berikut:
1.      Sejarah Lahirnya Sistem Ekonomi Kerakyatan
2.      Definisi Sistem Ekonomi Kerakyatan
3.      Ciri-ciri dan Tujuan Sistem Ekonomi Kerakyatan
4.      Peran Negara dalam Sistem Ekonomi Kerakyatan
5.      Kelebihan dan Kelemahan Sistem Ekonomi Kerakyatan

C.    Tujuan Penulisan
Adapun beberapa tujuan dari penulisan makalah ini antara lain adalah sebagai berikut:
1.      Mengetahui sejarah lahirnya sistem ekonomi kerakyatan
2.      Memahami definisi sistem ekonomi kerakyatan
3.      Mengetahui ciri-ciri dan tujuan sistem ekonomi kerakyatan
4.      Memahami peran negara dalam sistem ekonomi kerakyatan
5.      Memahami kelebihan dan kelemahan sistem ekonomi kerakyatan














BAB II

PEMBAHASAN


A.    Sejarah Sistem Ekonomi Kerakyakatan

Sejarah sistem ekonomi kerakyatan pertama diawali pada:
  1. Masa Pasca Kemerdekaan (1945-1950)
Keadaan ekonomi keuangan pada masa awal kemerdekaan amat buruk, antara lain disebabkan oleh : Inflasi yang sangat tinggi, disebabkan karena beredarnya lebih dari satu mata uang secara tidak terkendali.
  1. Masa Demokrasi Liberal (1950-1957)
Dalam politik maupun sistem ekonominya menggunakan prinsip-prinsip liberal.  Dan pada akhirnya sistem ini hanya memperburuk kondisi perekonomian Indonesia yang baru merdeka.
  1. Masa Demokrasi Terpimpin (1959-1966)
Sebagai akibat dari Dekrit Presiden 5 Juli 1959, maka Indonesia menjalankan sistem demokrasi terpimpin dan struktur ekonomi Indonesia segala-galanya diatur oleh pemerintah yang bertujuan agar rakyat Indonesia mendapat kemakmuran bersama dan persamaan dalam sosial, politik,dan ekonomi.
  1. Masa Orde Baru
Orde Baru adalah sebutan bagi masa pemerintahan Presiden soeharto di Indonesia. Orde Baru menggantikan Orde lama yang merujuk kepada era pemerintahan Soekarno. Orde Baru berlangsung dari tahun 1966 hingga 1998. Pada awal orde baru, stabilisasi ekonomi dan stabilisasi politik menjadi prioritas utama. Program pemerintah berorientasi pada usaha pengendalian inflasi.
  1. Sistem Ekonomi Pancasila (demokrasi ekonomi) 1998 - sekarang
Sistem ekonomi Pancasila ini termuat dalam pancasila khususnya sila ke-4 yaitu “kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan”. Sistem ekonomi kerakyatan adalah sistem ekonomi yang memihak dan melindungi kepentingan ekonomi rakyat melalui upaya-upaya dan program-program pemberdayaan ekonomi rakyat.     Sistem ekonomi kerakyatan adalah sub-sistem  dari sistem ekonomi Pancasila, dan system ini rakyat terlindung dalam hal kepentingan ekonomi rakyat, sehingga rakyat miskin dapat menadapatkan perlakuan hokum yang sama, dan tidak ada perbedaan antara yang kuat dan yang lemah.

B.     Definisi Sistem Ekonomi Kerakyatan
Dalam era reformasi sekarang ini, kita sering mendengar tentang sistem ekonomi kerakyatan yang dibandingkan dengan sistem ekonomi neoliberal. Ada beberapa defisini dari Sistem Ekonomi Kerakyatan antara lalin sebagai berikut:
1.      Menurut Konvensi ILO169 tahun 1989
Definisi ekonomi kerakyatan adalah ekonomi tradisional yang menjadi basis kehidupan masyarakat lokal dalam mempertahankan kehidupannnya. Ekonomi kerakyatan ini dikembangkan berdasarkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat lokal dalam mengelola lingkungan dan tanah
mereka secara turun temurun. Aktivitas ekonomi kerakyatan ini terkait dengan ekonomi sub sisten antara lain pertanian tradisional seperti perburuan, perkebunan, mencari ikan, dan lainnnya kegiatan disekitar lingkungan alamnya serta kerajinan tangan dan industri rumahan. Kesemua kegiatan ekonomi tersebut dilakukan dengan pasar tradisional dan berbasis masyarakat, artinya hanya ditujukan untuk menghidupi dan memenuhi kebutuhan hidup masyarakatnya sendiri. Kegiatan ekonomi dikembangkan untuk membantu dirinya sendiri dan masyarakatnya, sehingga tidak mengekploitasi sumber daya alam yang ada.
Dengan demikian ekonomi kerakyatan (ekonomi pemerataan) adalah bagian besar dari cara-cara bergumul dan bertahan untuk menjaga kelangsungan kehidupannya: dipertanian, peternakan, perikanan, kehutanan, perkebunan, dalam industri-industri kecil dan kerajinan serta dalam perdagangan atau kegiatan “swadaya” lainnya, baik di daerah pedesaan maupun daerah perkotaan. Ekonomi rakyat berciri subsisten dengan modal utama tenaga kerja keluarga sdan modal serta teknologi seadanya (Mubyarto,1998: 46).
Adapun landasan berdirinya ekonomi  kerakyatan adalah sebagaimana dikemukakan dalam Pasal 33 UUD 1945 yaitu sebuah sistem perekonomian yang ditujukan untuk mewujudkan kedaulatan rakyat dalam bidang ekonomi. Tiga prinsip dasar ekonomi kerakyatan adalah sebagai berikut:
a.       perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan
b.      cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara
c.       bumi, air, dan segala kekayaan yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.
Berdasarkan ketiga prinsip tersebut dapat disaksikan betapa sangat besarnya peran negara dalam sistem ekonomi kerakyatan. Sebagaimana dilengkapi oleh Pasal 27 ayat 2 dan Pasal 34, peran negara dalam sistem ekonomi kerakyatan antara lain meliputi lima hal sebagai berikut:
a.         mengembangkan koperasi
b.         mengembangkan BUMN
c.         memastikan pemanfaatan bumi, air, dan segala kekayaan yang terkandung didalamnya bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat
d.        memenuhi hak setiap warga negara untuk mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak
e.         memelihara fakir miskin dan anak terlantar.

2.      Menurut Dumairy (1996)
sistem ekonomi adalah suatu system yang mengatur serta menjalin hubungan ekonomi antar manusia dengan seperangkat kelembagaan dalam suatu tataan kehidupan. Dumairy menjelaskan bahwa suatu sistem ekonomi tidaklah berdiri sendiri, karena berkaitan dengan falsafah, pandangan dan pola hidup masyarakat tempatnya berpijak.  Sistem ekonomi sesungguhnya merupahkan salah satu unsure saja dalam suatu sepersisem kehidupan masyarakat. 
Syarat mutlak berjalannya sistem ekonomi kerakyatan yang berkeadilan sosial adalah sebagai berikut :
a.       berdaulat di bidang politik
b.      mandiri di bidang ekonomi
c.       berkepribadian di bidang budaya
Yang mendasari paradigma pembangunan ekonomi kerakyatan yang berkeadilan sosial, yaitu :
a.       penyegaran nasionalisme ekonomi melawan segala bentuk ketidakadilan sistem dan kebijakan ekonomi.
b.      pendekatan pembangunan berkelanjutan yang multidisipliner dan multikultural.
c.       pengkajian ulang pendidikan dan pengajaran ilmu-ilmu ekonomi dan sosial di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi.
Jadi, dapat disimpulakan bahwa definisi dari sistem ekonomi kerakyatan adalah Sistem Ekonomi Nasional Indonesia yang berasaskan pada kekeluargaan, berkedaulatan rakyat, bermoral Pancasila, dan menunjukkan pemihakan sungguh-sungguh pada ekonomi rakyat.

C.    Ciri-ciri dan Tujuan Sistem Ekonomi Kerakyatan
Sistem Ekonomi Kerakyatan memiliki beberapa ciri-ciri, adapun ciri-cirinya sebagai berikut :
  1. Yang menguasai hajat hidup orang banyak adalah negara/pemerintah. Contoh hajad hidup orang banyak yakni seperti air, bahan bakar minyak/BBM, pertambangan/hasil bumi, dan lain sebagainya.
  2. Peran negara adalah penting namun tidak dominan, dan begitu juga dengan peranan pihak swasta yang posisinya penting namun tidak mendominasi. Sehingga tidak terjadi kondisi sistem ekonomi liberal maupun sistem ekonomi komando. Kedua pihak yakni pemerintah dan swasta hidup beriringan, berdampingan secara damai dan saling mendukung.
  3. Masyarakat adalah bagian yang penting di mana kegiatan produksi dilakukan oleh semua untuk semua serta dipimpin dan diawasi oleh anggota masyarakat.
  4. Modal atau pun buruh tidak mendominasi perekonomian karena didasari atas asas kekeluargaan antar sesama manusia.
Sedangkan tujuan dari sistem ekonomi kerakyatan antara lain yaitu :
  1. Membangun Indonesia yang berdikari secara ekonomi, berdaulat secara politik, dan berkepribadian yang berkebudayaan.
  2. Mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan.
  3. Mendorong pemerataan pendapatan rakyat.
  4. Meningkatkan efisiensi perekonomian secara nasional.
Lima hal pokok yang harus segera diperjuangkan agar sistem ekonomi kerakyatan tidak hanya menjadi wacana saja, antara lain :
  1. Peningkatan disiplin pengeluaran anggaran dengan tujuan utama memerangi praktek Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) dalam segala bentuknya.
2.      Penghapusan monopoli melalui penyelenggaraan mekanisme persaingan yang berkeadilan (fair competition).
3.      Peningkatan alokasi sumber-sumber penerimaan negara kepada pemerintah daerah.
4.      Penguasaan dan redistribusi pemilikan lahan pertanian kepada petani penggarap.
5.      Pembaharuan UU Koperasi dan pendirian koperasi-koperasi “ sejati” dalam berbagai bidan usaha dan kegiatan. Yang perlu dicermati, peningkatan kesejahteraan rakyat dalam konteks ekonomi kerakyatan tidak didasarkan pada paradigma lokomatif, melainkan pada paradigma fondasi.
D.    Peran Negara Dalam Ekonomi
Ekonomi Kerakyatan
Kapitalisme
Negara Kesejahteraan
Ekonomi Neoliberal
1.      Menyusun perekonomian sebagai usaha bersama berdasarkan atas azas kekeluargaan; mengembangkan koperasi (Pasal 33 ayat 1)
2.      Menguasai cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak; mengembangkan BUMN (Pasal 33 ayat 2).
3.      Menguasai dan memastikan pemanfaatan bumi, air, dan segala kekayaan yang terkandung di dalamnya bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat (Pasal 33 ayat 3).

4.      Mengelola anggaran negara untuk kesejahteraan rakyat; memberlakukan pajak progresif dan memberikan subsidi.
5.      Menjaga stabilitas moneter.
6.      Memastikan setiap warga negara memperoleh haknya untuk mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan (Pasal 27 ayat 2).
7.      Memelihara fakir miskin dan anak terlantar (Pasal 34).     
1.      Mengintervensi pasar untuk menciptanya kondisi kesempatan kerja penuh.





2.      Menyelenggarakan BUMN pada cabang-cabang produksi yang tidak dapat diselenggarakan oleh perusahaan swasta


3.      Menjaga keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi dengan pemerataan pembangunan.





4.      Mengelola anggaran negara untuk kesejahteraan rakyat;  memberlakukan pajak progresif dan memberikan subsidi.
5.      Menjaga stabilitas moneter.
6.      Memastikan setiap warga negara memperoleh haknya untuk mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak.


7.      Memelihara fakir miskin dan anak terlantar.
1.      Mengatur dan menjaga bekerjanya mekanisme pasar; mencegah monopoli.




2.      Mengembangkan sektor swasta dan melakukan privatisasi BUMN.




3.      Memacu laju pertumbuhan ekonomi, termasuk dengan menciptakan lingkungan yang kondusif bagi masuknya investasi asing.

4.      Melaksanakan kebijakan anggaran ketat, termasuk menghapuskan subsidi.

5.      Menjaga stabilitas moneter.
6.      Melindungi pekerja perempuan, pekerja anak, dan bila perlu menetapkan upah minimum.




7.       -


E.     Kelebihan dan Kelemahan Sistem Ekonomi Kerakayatan
Sistem ekonomi kerakyatan mempunyai kelebihan, adapun kelebihan dari sistem ekonomi kerakyatan adalah sebagai berikut :
  1. Rakyat miskin di Indonesia mendapatkan perlakuan hukum yang sama dalam masalah perekonomian.
  2. Dapat mewujudkan kedaulatan rakyat
  3. Memberikan perhatian utama kepada rakyat kecil lewat program-program operasional yang nyata
  4. Merangsang kegiatan ekonomi produktif di tingkat rakyat sekaligus memupuk jiwa kewirausahaan.         
Sedangkan untuk kelemahan dari sistem ekonomi kerakyatan antara lain adalah sebagai berikut:

1.      dalam perspektif ekonomi kerakyatan praktik membagi-bagi uang kepada rakyat kecil sangat tidak menguntungkan pihak manapun, termasuk rakyat kecil sendiri.

  1. Aksi membagi-bagi uang  secara tidak sadar menyebabkan usaha kecil-menengah dan koperasi yang selama ini tidak berdaya untuk bersaing dalam suatu mekanisme pasar, menjadi sangat tergantung pada aksi dimaksud. 
  2. Sampai saat ini masih banyak pihak (di luar UKM dan Koperasi) yang memanfaatkan momen keberpihakan pemerintah sebagai free-rider.  Justru kelompok ini yang enggan mendorong adanya proses phasing-out untuk mengkerasi mekanisme pasar yang sehat dalam rangka mendorong keberhasilan program ekonomi kerakyatan.  Kita semua masih mengarahkan seluruh energi untuk mendukung program keberpihakan pemerintah pada UKM dan koperasi sesuai dengan tuntutan TAP MPR.  Tapi kita lupa bahwa ada tahapan lainnya yang penting dalam program keberpihakan dimaksud, yaitu phasing-out process yang harus pula dipersiapkan sejak awal.  Kalau tidak, maka sekali lagi kita akan mengulangi kegagalan yang sama seperti apa yang terjadi selama masa pemerintahan orde baru.








BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Sistem ekonomi kerakyatan berdiri dengan beberapa fase, mulai dari masa pasca kemerdekaan, masa Demokrasi Liberal, masa demokrasi Terpimpin, Masa Orde Baru, dan akhirnya sekarang ini Sistem Ekonomi Pancasila (Demokrasi Ekonomi). Dengan demikian lahirlah Sistem Ekonomi Kerakyatan yang menjadi sub sistem dari Sistem Ekonomi Pancasila di Indonesia.
Adapun landasan berdirinya Sistem Ekonomi Kerakyatan tercantum  dalam UUD 1945 pada pasal 33 yaitu sebuah sistem perekonomian yang ditujukan untuk mewujudkan kedaulatan rakyat dalam bidang ekonomi. Tiga prinsip dasar ekonomi kerakyatan adalah perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan; cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara; dan bumi, air, dan segala kekayaan yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.
Sistem Ekonomi Kerakyatan memiliki beberapa ciri-ciri yaitu menguasai hajat hidup orang banyak adalah negara/pemerintah; Peran negara adalah penting namun tidak dominan, dan begitu juga dengan peranan pihak swasta yang posisinya penting namun tidak mendominasi.; produksi dilakukan oleh semua untuk semua serta dipimpin dan diawasi oleh anggota masyarakat; dan modal atau pun buruh tidak mendominasi perekonomian karena didasari atas asas kekeluargaan antar sesama manusia.
Dengan demikian sistem ekonomi kerakyatan yang dianut bangsa Indonesia saat ini dapat menuai manfaat bagi rakyat kecil. Mereka medapat perhatian dari pemerintah melalui program-program nyata, dan diharapkan akan mendapakan hasil yang maksimal.

B.     Saran
Sistem ekonomi kerakyatan diharapkan dapat menjadi acuan dalam menangani perekonomian di Indonesia yang sebagian rakyat Indonesia sebagian besar masih hidup dalam serba kekurangan, kebodohan dan keterbelakangan. Hal ini mengacu dari tujuan akhir pembangunan ekonomi Indonesia yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Pemerintah harus menunjukkan sikap keberpihakan pada ekonomi rakyat dan harus diwujudkan secara nyata dalam berbagai kebijaksanaan dan program yang lebih menguntungkan rakyat bukan mencekik rakyat.






















DAFTAR PUSTAKA



Mubiyarto.1998.Reformasi Sistem Ekonomi:Dari Kapitalisme Menuju Ekonomi Kerakyatan.Yogyakarta:Aditya Media






http://images.zanikhan.multiply.com (diakses: 26 April 2011).